Tinggi dan banyak nya rating dari suatu aplikasi merupakan salah satu faktor yang menentukan ranking suatu aplikasi pada application store. Salah satu cara untuk meningkatkan rating dari aplikasi tersebut adalah dengan selalu mengingatkan pengguna agar melakukan rate & review terhadap aplikasi kita sehingga kemungkinan pengguna untuk memberikan rating semakin besar. Cara sederhanya yang dapat digunakan untuk mengimplementasikannya adalah:
  1. Tambahkan sebuah counter bertipe data Integer yang disimpan pada IsolatedStorageSettings.
  2. Ketika aplikasi dijalankan, lakukan increment pada nilai counter tersebut.
  3. Apabila nilai counter tersebut dibagi dengan periode rate reminder akan ditampilkan bersisa 0 maka tampilkan sebuah MessageBox pengingat.
  4. Jika user memilih OK pada MessageBox tersebut, manfaatkan MarketplaceReviewTask untuk menampilkan halaman rate dari aplikasi kita pada Windows Phone Store.
Kini dengan adanya Nokia Premium Developer Program yang memberikan Rad Controls for Windows Phone dari Telerik, hal tersebut dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Langkah-langkah nya adalah sebagai berikut:
  1. Lakukan inisialisasi dari static class ApplicationUsageHelper dengan memasukkan parameter berupa versi dari aplikasi pada Application_Launching dan Application_Activated dalam App.xaml.cs.
    private void Application_Launching(object sender, LaunchingEventArgs e)
    {
        ApplicationUsageHelper.Init("1.1.0.0");
    }
    
    private void Application_Activated(object sender, ActivatedEventArgs e)
    {
        ApplicationUsageHelper.OnApplicationActivated();
    }
  2. Tambahkan referensi beberapa .dll files yang diberikan oleh Telerik seperti Telerik.Windows.Core.dll dan Telerik.Windows.Controls.Primitives.dll ke dalam project. Kemudian, tambahkan definisi namespace berikut:
    using Telerik.Windows.Controls
  3. Tambahkan potongan kode berikut pada bagian kode yang akan digunakan untuk menampilkan RateAppReminder, misalnya pada Main Menu.
    RadRateApplicationReminder rateReminder = new RadRateApplicationReminder();
    rateReminder.RecurrencePerUsageCount = 10;
    rateReminder.Notify();
    Maksud dari kode tersebut adalah RateAppReminder akan ditampilkan setiap 10 kali aplikasi dijalankan. Pilihan lain yang dapat digunakan adalah RateAppReminder akan ditampilan setiap periode tertentu dengan mengubah property RecurrencePerTimePeriod.
Hasil dari potongan kode di atas ada seperti pada gambar berikut:

Sebagai tambahan, judul dan isi dari MessageBox tersebut juga dapat diubah dengan mengubah property MessageBoxInfo dari RadRateAppReminder.
Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top
Blogger Template